Gulai patin DEBM

By | February 22, 2019

Tadi pagi ceritanya maksa banget kepasar. Hanya gegara si patin ini ibu warung deket rumah jualannya ikan2 laut mulu bosen, bisa sih pesen ikan cuma terkadang kurang puas sama hasil belanjaannya. Jadilah gue ke pasar ya khaannn cucimata liat ikan2 seger sayurmayur ahh ketemu patin kayak ketemu berlian histeris gitu maklum dikota gue susah cari ikan patin. Klopun ada ya diternak dikolam. Rasanya kurang manis.

Dulu jaman msh sering kepekanbaru hampir setiap hari makan patin ikan patin disana duhhh payah bilang deh gampang banget nyariknya. Disana banyak sungai. Jd ikan sungai itu ada terus.

Aduh panjang amat ya curcol gue.

Bahan-bahan

2porsi

  1. 2 ekor ikan patin (500gr)
  2. 1 bks Santan sasa kemasan uk 65ml
  3. Secukupnya camer
  4. Secukupnya bamer
  5. Secukupnya baput
  6. 4 biji kemiri
  7. Secukupnya ketumbar
  8. 3 ibujari kunyit
  9. Seibujari jahe
  10. Seibujari lengkuas
  11. 1 batang sereh
  12. 4 lembar daun salam
  13. 1 biji asam jawa
  14. Secukupnya caberawit

Langkah

1jam

  1. Ini semua bahan yg mau dimasak. Bumbu yg dihaluskan camer cawit bamer baput kemiri ketumbar kunyit (tomat skip ya, gak jadi pake karena udah pakek asam jawa) dah untuk yg di geprek jahe lengkuas dan sereh.  
  2. Bumbu yang sudah dihaluskan ditumis. Lalu masukan bumbu yg di geprek. Sampai wangi dan harum semerbak mewangi ruangan sampe kelantai dua wanginya LOL, 
  3. Kemudian masukkan ikannya. Tambahkan air secukupnya. Kira2 sampe ikannya tenggelam ya. Trus Diemin. Tutup wajan. Biarkan sampe mateng ikannya..laluuuuu masukan santan sasa nya. Gaperlu lama2 ngaduknya krn santan udah mateng. 3menit saja. Matikan kompor. dan ini lah hasilnya eh jgn lupa koreksi rasa.. garam ya jgn pakek mecin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *